Senin, 02 Juni 2014

RPP PRISMA TEGAK SEGIEMPAT DAN LIMAS SEGIEMPAT

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan      :           Sekolah Dasar
Kelas/semester            :           VI / 1
Mata pelajaran             :           Matematika
Jumlah pertemuan       :           1 x pertemuan

I.          Standar Kompetensi
4.         Menghitung volume prisma tegak segiempat dan limas segiempat dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

II.          Kompetensi Dasar
4.1       Menghitung volume prisma tegak segiempat dan limas segiempat

III.         Indikator Pencapaian Kompetensi
a)    Menghitung volume prisma tegak segiempat menggunakan kubus satuan
b)   Menemukan rumus volume prisma tegak segiempat dengan peragaan kubus satuan
c)    Menghitung volume prisma tegak segiempat dengan menggunakan rumus
d)   Menemukan rumus volume limas segiempat dengan menggunakan penakaran
e)    Menghitung  volume limas segiempat dengan menggunakan rumus

IV.          Tujuan Pembelajaran
a)      Setelah melakukan kegiatan percobaan dengan kubus satuan , siswa dapat menghitung volume prisma tegak segiempat dengan menggunakan kubus satuan.
b)      Dengan menggunakan kubus satuan siswa dapat menentukan rumus volume prisma tegak segiempat
c)      Dengan metode tanya jawab siswa dapat menghitung volume prisma tegak segiempat dengan menggunakan rumus.
d)     Dengan melakukan peragaan berupa penakaran dengan menggunakan beras warna warni, siswa dapat menemukan rumus volume limas segiempat
e)      Dengan metode tanya jawab, siswa dapat menghitung volume limas segiempat.

V.          Materi Ajar
A.        Menghitung volume prisma tegak segiempat.
Tentukan volume dari masing-masing prisma segiempat berikut dengan satuan cm3! Untuk menghitung volume dari masing-masing prisma tersebut, hitunglah banyaknya kubus satuan yang dimuat oleh prisma tersebut.
Perhatikan bahwa banyaknya kubus satuan yang ada di alas sama dengan banyaknya persegi satuan yang menempati alas tersebut. Demikian juga dengan banyaknya lapisan kubus satuan sama dengan banyaknya satuan tinggi dari prisma tersebut. Sehingga kita dapat menggunakan luas daerah alas dan tinggi dari prisma tersebut untuk menemukan volume prisma tersebut.
Rumus Volume Prisma Segi Empat
Jika A adalah luas alas prisma dan t adalah tinggi dari prisma, maka volume dari prisma segi empat adalah V = A ∙ t
B.     Cara Menghitung Volume Limas Segiempat
a. Mengenal Bangun Ruang Limas
Limas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segitiga ataupun segi banyak sebagai alas dan beberapa buah bidang berbentuk segitiga sebagai bidang tegak yang bertemu pada satu titik puncak.
Namun pada gambar di atas menunjukkan gambar limas segiempat. Apa itu limas segiempat? Limas segiempat adalah bangun ruang yang mempunyai lima sisi, delapan rusuk dan lima titik sudut. Alasnya berbentuk segiempat.
Sedangkan limas segitiga adalah bangun ruang yang mempunyai empat sisi, enam rusuk dan empat titik sudut. Alasnya berbentuk segitiga.
b. Menurunkan Rumus Volume Limas Segiempat
Untuk membuktikan volume limas secara induktif, dilakukan dengan cara peragaan menakar. Dalam peragaan menakar ini akan digunakan penakar sebuah sebarang limas untuk menakar prisma pasangannya. Yang dimaksud dengan prisma pasangannya adalah prisma yang alasnya kongruen dengan alas limas dan tingginya sama dengan tinggi limas.
Dari hasil menakar, kita mendapatkan bahwa prisma terisi penuh dengan 3 kali takar dari limas. Dengan kata lain, volume prisma sama dengan 3 kali volume limas. Dapat diformulasikan sebagai berikut :
Vprisma       = 3 x Vlimas
Vlimas        = 1/3 x Vprisma
Telah diketahui bahwa Vprisma = Lalas x t, maka
Vlimas        = 1/3 x Luas alas x tinggi
     Jadi, rumus volume limas adalah : Vlimas = 1/3 x luas alas x tinggi
    
VI.          Alokasi Waktu: 1 x 35 menit

VII.         Metode Pembelajaran   
a)      Tanya jawab
b)     Demonstrasi
c)      Latihan

VIII.        Kegiatan Pembelajaran
a)      Kegiatan Pendahuluan
1)        Salam
2)        Doa
3)       Memeriksa kebersihan/ perlengkapan kelas/ kesiapan siswa
4)        Absensi
5)       Apersepsi (menanyakan isi materi yang lalu)
6)        Informasi materi dan tujuan pembelajaran pelajaran yang akan disampaikan.

b)     Kegiatan Inti
1)                 Guru meminta siswa untuk menyebutkan benda-benda yang berbentuk prisma tegak segiempat yang berada di lingkungan sekitar. ( Eksplorasi)
2)                 Guru mempersiapkan media pembalajaran berupa prisma tegak segiempat (Eksplorasi)
3)                 Guru meminta salah seorang siswa untuk maju kedepan memasukkan kubus-kubus satuan kedalam wadah kaca prisma tegak segiempat. ( Elaborasi )
4)                 Guru meminta siswa menghitung jumlah kubus satuan yang ada didalam wadah kaca prisma tegak segiempat. (Elaborasi)
5)                 Guru bersama siswa menunjukan  panjang, lebar dan tinggi pada prisma tegak segiempat. ( Elaborasi )
6)                 Siswa di minta maju kedepan untuk menghitung panjang, lebar dan tinggi prisma tegak segiempat. ( Elaborasi )
7)                 Guru bersama siswa menentukan rumus prisma tegak segiempat. (Elaborasi)
8)                 Guru meminta seorang siswa maju kedepan mengerjakan contoh soal. (konfirmasi)
9)                 Guru meletakkan media bangun ruang prisma segi empat di atas meja. (Eksplorasi)
10)             Siswa diingatkan kembali mengenai rumus bangun ruang prisma segiempat yang telah dipelajari (Eksplorasi)
11)             Guru meletakkan media bangun ruang limas di atas meja (Eksplorasi)
12)             Guru menyuruh siswa untuk menebak apa nama bangun ruang tersebut (eksplorasi)
13)             Guru menyuruh siswa menyebutkan benda apa saja yang menyerupai bangun ruang limas (eksplorasi)
14)             Guru mendeskripsikan tentang bangun ruang limas (eksplorasi)
15)             Guru mengajak 2 orang siswa maju ke depan kelas, 1 orang siswa di minta untuk memegang bangun ruang limas dan 1 orangnya memasukkan beras yang berwarna merah ke dalam bangun ruang limas tersebut kemudian mencurahkan beras tersebut ke dalam prisma  tegak segiempat. (Elaborasi)
16)             Kemudian guru menyuruh secara bergantian 2 orang siswa lagi untuk maju kedepan, 1 orang memegang bangun ruang limas dan 1 orangnya lagi memasukkan beras berwarna kuning ke dalam bangun ruang limas kemudian mencurahkan beras tersebut ke dalam prisma segi empat. (Elaborasi)
17)             Kemudian 2 orang siswa maju ke depan lagi, 1 orang memegang bangun ruang limas dan 1 orang lagi memasukkan beras berwarna coklat kemudian mencurahkan beras tersebut ke dalam prisma segiempat hingga penuh. (Elaborasi)
18)              Guru kemudian membimbing siswa menemukan rumus dari volum limas segiempat . (Elaborasi)
19)             Guru membimbing siswa cara menurunkan rumus volume bangun ruang limas melalui percobaan yang telah dilakukan. (Elaborasi)
20)             Guru meminta salah satu siswa mengerjakan contoh soal di depan kelas. (konfirmasi)
c)      Kegiatan Penutup
1)      Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
2)      Penilaian (guru memberikan soal berdasarkan urutan tujuan pembelajaran). tidak boleh PR dan langsung dikumpulkan.
3)      Guru melakukan refleksi dan tindak lanjut
4)      Guru menutup kegiatan pembelajaran.

 IX.            Alat /media dan Sumber Belajar
Ø   Kubus satuan
Ø   Wadah kaca bebrbentuk prisma tegak segiempat
Ø   Beras warna warni
Ø  Wadah kaca berbentuk limas segiempat
Ø  Powerpoint slide
Ø  KTSP TIM BSNP. 2006. Standar isi kurikulum KTSP untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Ø  Mangatur, Jautar M dan Sarman. 2007. Cerdas Bersama Matematika. Jakarta: Ganeca Exact

    X.            Penilaian Pembelajaran
1.      Penilaian          :           Penilaian hasil
2.      Jenis tes           :           Tertulis
3.      Bentuk tes       :           Essay
4.      Soal
Instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat!
1.      Sebuah prisma tegak segiempat memiliki alas berupa persegi dengan panjang sisi 7 cm. Tingginya 12 cm. Berapakah volume prisma tegak segiempat tersebut?
2.      Sebuah prisma tegak segiempat dengan alas berupa persegi panjang dengan panjang 4 cm , lebar 6 cm, dan tinggi 10 cm. Berapakah volumenya?
3.      Sebuah limas mempunyai alas berbentuk persegi dengan panjang sisinya 8 cm. Hitung volume limas, jika tingginya 11 cm.
4.      Limas segiempat T. PQRS. Alasnya PQRS berbentuk persegi panjang. Panjang 5 cm dan lebar 6 cm serta tinggi limasnya 10 cm. Berapakah volume limas tersebut?

Kunci Jawaban
1.      Diketahui          :    Panjang alas    : 7 cm
                                      :    Tinggi              : 12 cm
Ditanya             :    Volume prisma?
Penyelesaian :
Luas alas : s x s = 7 cm x 7 cm = 49 cm2
V                  : luas alas x tinggi
                     : 49 cm2 x 12 cm
                     : 588 cm3
2.      Diketahui     :     
Panjang alas : 5 cm
Lebar alas     : 6 cm
Tinggi           : 10 cm
Ditanya           : Volume prisma?
Penyelesaian   :
Luas alas         : p x l
                              : 5 cm x 6 cm
                        : 30 cm2
       V  : luas alas x tinggi
            : 30 cm2 x 10 cm
            : 300 cm3

3.      Diketahui          :    Panjang alas    : 9 cm
                                      :    Tinggi              : 6 cm
Ditanya             :    Volume limas?
Penyelesaian :
Luas alas : s x s = 9 cm x 9 cm = 81 cm2
V                  : 1/3 x luas alas x tinggi
                     : 1/3 x 81 cm2 x 6 cm
                     : 27 cm2 x 6 cm
                     : 162 cm3
4.      Diketahui     :     
Panjang alas : 5 cm
Lebar alas     : 6 cm
Tinggi           : 10 cm
Ditanya           : Volume limas?
Penyelesaian   :
Luas alas         : p x l
                              : 5 cm x 6 cm
                        : 30 cm2
       V  : 1/3 x luas alas x tinggi
            : 1/3 x 30 cm2 x 10 cm
            : 10 cm2 x 10 cm
            : 100 cm3

Pedoman penskoran
Apabila murid menjawab semua soal dengan benar maka akan memperoleh nilai 100. Setiap soal bernilai 25.
Nilai =   x 100


                                                                                  Pontianak, 18 Mei 2014
            Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas


NIP.                                                                            NIP.
                                   
                                               




Tidak ada komentar:

Posting Komentar