Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/semester : VI / 1
Mata pelajaran : Matematika
Jumlah pertemuan : 1 x pertemuan
I. Standar
Kompetensi
4. Menghitung volume prisma tegak
segiempat dan limas segiempat dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
II. Kompetensi
Dasar
4.1 Menghitung
volume prisma tegak segiempat dan limas segiempat
III. Indikator
Pencapaian Kompetensi
a) Menghitung volume prisma tegak
segiempat menggunakan kubus satuan
b) Menemukan rumus
volume prisma tegak segiempat
dengan peragaan kubus satuan
c) Menghitung volume prisma
tegak segiempat dengan menggunakan rumus
d) Menemukan rumus volume limas
segiempat dengan menggunakan penakaran
e) Menghitung volume limas segiempat dengan menggunakan
rumus
IV. Tujuan
Pembelajaran
a)
Setelah
melakukan kegiatan percobaan dengan kubus satuan , siswa dapat menghitung
volume prisma tegak segiempat dengan menggunakan kubus satuan.
b)
Dengan
menggunakan kubus satuan siswa dapat menentukan rumus volume prisma tegak segiempat
c)
Dengan
metode tanya jawab siswa dapat menghitung volume prisma tegak segiempat dengan
menggunakan rumus.
d) Dengan melakukan peragaan berupa
penakaran dengan menggunakan beras warna warni, siswa dapat menemukan rumus
volume limas segiempat
e)
Dengan
metode tanya jawab, siswa dapat menghitung volume limas segiempat.
V. Materi
Ajar
A. Menghitung
volume prisma tegak segiempat.
Tentukan volume dari masing-masing
prisma segiempat berikut dengan satuan cm3! Untuk menghitung volume
dari masing-masing prisma tersebut, hitunglah banyaknya kubus satuan yang
dimuat oleh prisma tersebut.
Perhatikan
bahwa banyaknya kubus satuan yang ada di alas sama dengan banyaknya persegi
satuan yang menempati alas tersebut. Demikian juga dengan banyaknya lapisan
kubus satuan sama dengan banyaknya satuan tinggi dari prisma tersebut. Sehingga
kita dapat menggunakan luas daerah alas dan tinggi dari prisma tersebut untuk
menemukan volume prisma tersebut.
Rumus Volume
Prisma Segi Empat
Jika A adalah luas alas prisma dan t adalah tinggi dari prisma, maka volume dari prisma segi empat adalah V = A ∙ t
Jika A adalah luas alas prisma dan t adalah tinggi dari prisma, maka volume dari prisma segi empat adalah V = A ∙ t
B. Cara Menghitung Volume Limas
Segiempat
a.
Mengenal Bangun Ruang Limas
Limas adalah bangun
ruang yang dibatasi oleh sebuah segitiga ataupun segi banyak sebagai alas dan
beberapa buah bidang berbentuk segitiga sebagai bidang tegak yang bertemu pada
satu titik puncak.
Namun pada gambar di
atas menunjukkan gambar limas segiempat. Apa itu limas segiempat? Limas
segiempat adalah bangun ruang yang mempunyai lima sisi, delapan rusuk dan lima
titik sudut. Alasnya berbentuk segiempat.
Sedangkan limas segitiga adalah
bangun ruang yang mempunyai empat sisi, enam rusuk dan empat titik sudut.
Alasnya berbentuk segitiga.
b. Menurunkan Rumus Volume Limas
Segiempat
Untuk
membuktikan volume limas secara induktif, dilakukan dengan cara peragaan
menakar. Dalam peragaan menakar ini akan digunakan penakar sebuah sebarang
limas untuk menakar prisma pasangannya. Yang dimaksud dengan prisma pasangannya
adalah prisma yang alasnya kongruen dengan alas limas dan tingginya sama dengan
tinggi limas.
Dari
hasil menakar, kita mendapatkan bahwa prisma terisi penuh dengan 3 kali takar
dari limas. Dengan kata lain, volume prisma sama dengan 3 kali volume limas.
Dapat diformulasikan sebagai berikut :
Vprisma = 3 x Vlimas
Vlimas = 1/3 x Vprisma
Telah diketahui bahwa Vprisma
= Lalas x t, maka
Vlimas = 1/3 x Luas alas x tinggi
VI. Alokasi
Waktu: 1 x 35 menit
VII. Metode
Pembelajaran
a) Tanya
jawab
b) Demonstrasi
c) Latihan
VIII. Kegiatan
Pembelajaran
a) Kegiatan Pendahuluan
1) Salam
2) Doa
3) Memeriksa
kebersihan/ perlengkapan kelas/ kesiapan siswa
4) Absensi
5) Apersepsi
(menanyakan isi materi yang lalu)
6) Informasi
materi dan tujuan pembelajaran pelajaran yang akan disampaikan.
b) Kegiatan Inti
1)
Guru meminta siswa
untuk menyebutkan benda-benda yang berbentuk prisma tegak segiempat yang berada
di lingkungan sekitar. ( Eksplorasi)
2)
Guru
mempersiapkan media pembalajaran berupa prisma tegak segiempat (Eksplorasi)
3)
Guru meminta
salah seorang siswa untuk maju kedepan memasukkan kubus-kubus satuan kedalam
wadah kaca prisma tegak segiempat. ( Elaborasi )
4)
Guru meminta
siswa menghitung jumlah kubus satuan yang ada didalam wadah kaca prisma tegak
segiempat. (Elaborasi)
5)
Guru bersama
siswa menunjukan panjang, lebar dan
tinggi pada prisma tegak segiempat. ( Elaborasi )
6)
Siswa di minta
maju kedepan untuk menghitung panjang, lebar dan tinggi prisma tegak segiempat.
( Elaborasi )
7)
Guru bersama
siswa menentukan rumus prisma tegak segiempat. (Elaborasi)
8)
Guru meminta
seorang siswa maju kedepan mengerjakan contoh soal. (konfirmasi)
9)
Guru meletakkan media bangun ruang prisma segi empat
di atas meja. (Eksplorasi)
10)
Siswa diingatkan kembali mengenai rumus bangun ruang
prisma segiempat yang telah dipelajari (Eksplorasi)
11)
Guru meletakkan media bangun ruang limas di atas meja
(Eksplorasi)
12)
Guru menyuruh siswa untuk menebak apa nama bangun
ruang tersebut (eksplorasi)
13)
Guru menyuruh siswa menyebutkan benda apa saja yang
menyerupai bangun ruang limas (eksplorasi)
14)
Guru mendeskripsikan tentang bangun ruang limas
(eksplorasi)
15)
Guru mengajak 2 orang siswa maju ke depan kelas, 1
orang siswa di minta untuk memegang bangun ruang limas dan 1 orangnya
memasukkan beras yang berwarna merah ke dalam bangun ruang limas tersebut
kemudian mencurahkan beras tersebut ke dalam prisma tegak segiempat. (Elaborasi)
16)
Kemudian guru menyuruh secara bergantian 2 orang siswa
lagi untuk maju kedepan, 1 orang memegang bangun ruang limas dan 1 orangnya
lagi memasukkan beras berwarna kuning ke dalam bangun ruang limas kemudian
mencurahkan beras tersebut ke dalam prisma segi empat. (Elaborasi)
17)
Kemudian 2 orang siswa maju ke depan lagi, 1 orang
memegang bangun ruang limas dan 1 orang lagi memasukkan beras berwarna coklat
kemudian mencurahkan beras tersebut ke dalam prisma segiempat hingga penuh.
(Elaborasi)
18)
Guru kemudian
membimbing siswa menemukan rumus dari volum limas segiempat . (Elaborasi)
19)
Guru membimbing siswa cara menurunkan rumus volume
bangun ruang limas melalui percobaan yang telah dilakukan. (Elaborasi)
20)
Guru meminta salah satu siswa mengerjakan contoh soal
di depan kelas. (konfirmasi)
c) Kegiatan Penutup
1) Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
2) Penilaian
(guru memberikan soal berdasarkan urutan tujuan pembelajaran). tidak boleh PR
dan langsung dikumpulkan.
3) Guru
melakukan refleksi dan tindak lanjut
4) Guru
menutup kegiatan pembelajaran.
IX. Alat
/media dan Sumber Belajar
Ø Kubus satuan
Ø Wadah kaca bebrbentuk prisma tegak segiempat
Ø Beras warna warni
Ø Wadah kaca berbentuk limas segiempat
Ø Powerpoint slide
Ø KTSP TIM BSNP. 2006. Standar isi kurikulum KTSP untuk SD/MI. Jakarta:
Depdiknas.
Ø Mangatur,
Jautar M dan Sarman. 2007. Cerdas Bersama
Matematika. Jakarta: Ganeca Exact
X. Penilaian
Pembelajaran
1.
Penilaian : Penilaian
hasil
2.
Jenis tes : Tertulis
3.
Bentuk tes : Essay
4.
Soal
Instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
benar dan tepat!
1. Sebuah
prisma tegak segiempat memiliki alas berupa persegi dengan panjang sisi 7 cm.
Tingginya 12 cm. Berapakah volume prisma tegak segiempat tersebut?
2. Sebuah
prisma tegak segiempat dengan alas berupa persegi panjang dengan panjang 4 cm ,
lebar 6 cm, dan tinggi 10 cm. Berapakah volumenya?
3. Sebuah limas
mempunyai alas berbentuk persegi dengan panjang sisinya 8 cm. Hitung volume
limas, jika tingginya 11 cm.
4. Limas
segiempat T. PQRS. Alasnya PQRS berbentuk persegi panjang. Panjang 5 cm dan
lebar 6 cm serta tinggi limasnya 10 cm. Berapakah volume limas tersebut?
Kunci Jawaban
1.
Diketahui :
Panjang alas : 7 cm
: Tinggi :
12 cm
Ditanya : Volume
prisma?
Penyelesaian :
Luas alas :
s x s = 7 cm x 7 cm = 49 cm2
V : luas alas x tinggi
: 49 cm2 x 12 cm
: 588 cm3
2.
Diketahui :
Panjang alas : 5 cm
Lebar alas : 6 cm
Tinggi : 10 cm
Ditanya : Volume prisma?
Penyelesaian :
Luas alas : p x l
: 5 cm x 6 cm
: 30 cm2
V :
luas alas x tinggi
: 30 cm2 x 10 cm
: 300 cm3
3.
Diketahui :
Panjang alas : 9 cm
: Tinggi :
6 cm
Ditanya : Volume
limas?
Penyelesaian :
Luas alas :
s x s = 9 cm x 9 cm = 81 cm2
V : 1/3 x luas alas x tinggi
: 1/3 x 81 cm2 x
6 cm
: 27 cm2 x 6 cm
: 162 cm3
4.
Diketahui :
Panjang alas : 5 cm
Lebar alas : 6 cm
Tinggi : 10 cm
Ditanya : Volume limas?
Penyelesaian :
Luas alas : p x l
: 5 cm x 6 cm
: 30 cm2
V :
1/3 x luas alas x tinggi
: 1/3 x 30 cm2 x 10 cm
: 10 cm2 x 10 cm
: 100 cm3
Pedoman penskoran
Apabila murid
menjawab semua soal dengan benar maka akan memperoleh nilai 100. Setiap soal
bernilai 25.
Nilai
=
x 100
Pontianak, 18 Mei 2014
Kepala Sekolah Guru Kelas
NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar